5 Tips Mempertahankan Investasi di Saat Krisis

1:00 AM by Formula Bisnis Reviews ·
Investasi menjadi hal yang diusahakan banyak orang saat ini untuk mendapatkan pemasukan yang maksimal. Tapi di tengah situasi yang tidak menentu seperti saat ini, turbulensi sektor finansial global membuat aset portofolio terpengaruh, bahkan ikut anjlok seiring turunnya harga-harga saham.

Ada 5 saran yang diberikan oleh Certified Wealth Managers Association (CWMA) dalam menghadapi krisis yang terjadi, yakni:
  1. Tetap berinvestasi di Indonesia. Kondisi di Indonesia saat ini masih lebih baik dibandingkan kondisi di negara-negara lainnya, sehingga investasi di Indonesia akan lebih aman dan menjanjikan hasil yang lebih baik dibandingkan investasi di negara lain. Disamping itu, karena situasi di luar negeri relatif sama resikonya, maka diversifikasi secara geografis ke negara-negara lain kurang ada manfaatnya.
  2. Tetap berpegang pada prinsip berinvestasi. Dalam situasi tidak menentu kita harus kembali ingat pada prinsip investasi, yaitu risk and return. (a) Setiap investasi memiliki resiko masing-masing yang sesuai dengan tingkat potensi hasil investasi. Resiko tinggi tentu hasilnya pun tinggi pula. (b) Investor hendaknya menyesuaikan investasinya dengan profile resiko yang diinginkannya. Resiko yang diambil dan return yang diharapkan. (c) Investor harus menyesuaikan diri dengan time horizon, atau mempertimbangkan target waktu investasi. (d) Investor juga harus mempertimbangkan jenis investasi sesuai dengan tujuan investasi. Seperti jika tujuan investasi untuk jangka pendek, maka instrumen investasi sebaiknya berjenis jangka pendek.
  3. Market timing. Perekonomian mempunyai siklus yang berulang-ulang seperti masa resesi dan pertumbuhan. Sektor industri harus dilihat perkembangannya. Pemilihan sektor berpengaruh untuk pemilihan saham dan obligasi, misalnya menimbang sektor industri dan farmasi tahan terhadap resesi.
  4. Konsentrasi dan diversifikasi. Lakukan diversifikasi untuk mendapatkan hasil investasi yang baik.
  5. Kerjasama dengan berbagai pihak. Krisis kepercayaan adalah sumber dari krisis. Untuk menghadapi ini diperlukan kerjasama bank sentral pemerintah. Dengan pikiran tenang, jernih, niscaya krisis global tidak akan terasa.
Langkah-langkah lain yang disarankan oleh CWMA dan bisa Anda lakukan, yaitu:
  1. Jika Anda mempunyai deposito bertahanlah dengan deposito. Jangan ambil uang Anda di bank. Jika diambil, keadaan akan makin memburuk.
  2. Jika punya saham dan turunannya sebaiknya ditahan dulu, kecuali ada keperluan keuangan yang mendesak. Namun pikirkan kerugian yang diderita jika investasi itu dijual.
  3. Pegang rupiah. Jika membeli dolar maka akan semakin buruk karena harga barang impor semakin mahal.
  4. Jangan hadapi krisis dengan kepanikan. Jika Anda panik membeli dolar dengan menarik tabungan, maka akan menciptakan krisis yang lebih parah.
Krisis bukanlah sebuah hal yang harus ditakuti karena bagaimanapun juga kita memiliki Allah yang besar yang sanggup mengatasi segala krisis.

Mau tahu Investasi yang Low Risk, High Return ? Silakan Klik link di bawah ini.


Bagaimana Komentar Anda?


Salam Sukses!

"Masa depan adalah milik orang-orang yang melihat peluang sebelum peluang ini terlihat begitu jelas"

Buktikan Sendiri !

www.formula-bisnis-reviews.blogspot.com JIKA ANDA SUKA ARTIKEL INI, silakan share ke teman FACEBOOK anda. Klik di sini!

0 comments:

Post a Comment

Bagaimana Tanggapan Anda Mengenai Artikel Ini? Silakan Memberikan Komentar. Terima Kasih.

Stop DREAMING, Start ACTION !

"Masa depan adalah milik orang-orang yang melihat peluang sebelum peluang ini terlihat begitu jelas"

Anda tidak punya pilihan... agar berhasil, sudahi mimpi anda dan mulai bertindak agar bisnis menjadi besar. Bukan nanti, sekarang lah saatnya SERIUSi bisnis internet lebih dalam lagi!

Share On Facebook

JIKA ANDA SUKA ARTIKEL INI, silakan share ke teman FACEBOOK anda. Klik di sini!

Formula Bisnis Reviews's Fan Box